Minggu, 27 November 2011

Dasar Perencanaan SistemInformasi Berbasis Komputer


Dasar Perencanaan SistemInformasi Berbasis Komputer
Dasar Perencanaan Sistem Informasi Berbasis Komputer
Implementasisisteminformasiberbasiskomputermerupakanaktivitas yang berskalaluas yang melibatkan orang danfasilitas yang banyak, uangdanperalatandalamjumlah yang besar, danwaktu yang panjang.
PerencanaanSistemInformasiBerbasisKomputerjugamempunyaimanfaat, yaitu:
Ø  Memberikandasarpengontrolan.
Ø  Mendefinisikanlingkupproyek;
Ø  Mengatururutantugas;
Ø  Mengetahuibidangmasalah yang potensial;
. DasarPerencanaanSistemInformasiBerbasisKomputer
vSiklusHidupSistem
          Kita dapatmendefinisikansiklushidup system sebagai proses evolusi yang terjadidalampengimplementasikan system atausubsisiteminformasiberdasarkancomputer.Istilah SLC biasanyajugadigunakanyaitu SLDC yang merupakankepanjangandari system development life cycle(siklushiduppengembangan system).Ada kesepakatanumumdariparaahli system computer yaitubahwasiklushidupsistemadalahdeskripsidaritugasimplementasi yang akurat yang harusdilakukan.
vDasarperencanaan CBIS
Implementasi CBIS atausubsistemutamamerupakanaktivitas yang berskalaluas yang melibatkan orang danfasilitas yang banyak,uangdanperalatandalamjumlahbesardanwaktu yang panjang.Proyek CBIS bias membutuhkansumber  yang banyaksepertipengembanganprodukbaruataupembangunangedungbaru.
.       SiklusHidupSistem
-       FasePerencanaan
-       FaseAnalisisdanDisain
-       FaseImplementasi
-       FaseOperasi
·        FasePerencanaan
Menunjukansetiaplangkah yang harusdilakukandanmengidentifikasitanggungjawabmanajerdanspesialisinformasidalamhaliniadalahanalis system.
·    FaseAnalisisdanDisain
Bilaperencanaantelahdilakukandanmekanismepengontrolantelahditetapkanlaludilanjutkankefaseanalisisdandisain. Face ininuntukmenganalisasetiapproyek yang kitabuat.
·  FaseImplementasi
Pada point ini,desain ha darnyaberadapadakertas.Iamerupakan model dari system yang direncanakan.Sekarangperlumengubah model tersebutmenjadi system fisik.Implementasiadalahakuisisidanintegrasidarisumberfisikyan g menghasilkan system yang bekerja.
·  FaseOperasi
Segerasesudahoperasipenggantianyaitujika system barusudahterpasangmakadilakukanlahpostimplementationreview(tinjauan post implementasiuntukmengevaluasisejauhmana system tersebutmemenuhi criteria penampilan.Secara ideal tinjauaninisebaiknyadilakukanolehpihakketigamisalnya auditor EDP ataukonsultan.
. Prototyping
Prototipmemberikan ide kepadapembangundancalonpemakaimengenai system dalambentuklengkapnyanantiakanberfungsi.Prosesprototipdisebut prototyping dandalamhalini paling cocokditerapkanuntuksituasidimanapemakaitidakmengetahuisepenuhnyamengenaiapa yang iainginkan.
Daftar pustka





Tidak ada komentar:

Posting Komentar