Minggu, 27 November 2011

Dasar – Dasar Pemrosesan Komputer


Dasar – Dasar Pemrosesan Komputer

Pendahuluan.
Komputer merupakan alat perangkat keras yang sedang mendunia sekarang-sekarang ini,bagaimana tidak,semua kegiatan apa saja saat ini pasti menggunakan atau memakai alat perangkat keras itu,baik untuk membuat laporan,naskah,atau aplikasi-aplikasi lainnya dan yang pasti bisa juga digunakan untuk permainan. Nah semua itu adalah sebagian bentuk dari system operasi yang terdapat di dalam computer,tetapi kita sekarang membicarakan dasar-dasar untuk pemrosesan computer,apa saja perangkat keras lainnya yang mendukung untuk berjalannya suatu computer tersebut,berikut ini adalah bagian-bagian yang harus dimiliki computer beserta kegunaannya.
Pembahasan.
Arsitektur Komputer.
Dalam Bidang teknik komputer,arsitektur computer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu system computer. Arsitektur computer ini merupakan renca cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang di desain (kecepatan proses dan system interkoneksinya). Dalam hal ini,implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih di fokuskan terutama mengenai bagaimana CPU bekerja,dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dank e memori cache, RAM,ROM,cakram keras,dll.
Peralatan Input.
Beberapa alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga
sebagai alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal. Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE) terminal atau Remote Batch terminal.
Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU
melalui alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointingdevice, scanner, voice recognizer.
Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses
oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk. Input hardware digunakan untuk mentranmisikan data ke processing dan storage hardware. Peralatan yang paling popular untuk memasukkan data yaitu kombinasi antara keyboard dan layar monitor. Layar monitor dianggap sebagai bagian dari input hardware kerena digunakan untuk memeriksa apakah data yang akan dimasukkan telah diketik. Disamping jenis input hardware di atas, terdapat juga input harware lainnya yaitu mouse, scanner, voice recognition, handwriting device, machine data input (misalnya : modem),light pen, dan bar code reader.
Voice recognition device dipakai untuk memasukkan suara manusia ke dalam signal interpreter. Kebanyakan voice system yang digunakan sekarang mempunyai
vocabulary yang kecil dan harus dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu. Caranya, seseorang membacakan sebuah daftar kata-kata yang biasa digunakan sehingga signal interpreter dapat menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka bawa. Voice input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat mengetik atau memanipulasi peralatan ketik input device lainnya. Hardwriting recognition device digunakan untuk memasukkan data dengan cara menulis pada elektronis yang sensitive. Karakter-karakter tersebut dikenal dan dimasukkan ke dalam system computer, biasanya suatu system PC (personal computer).
Gambar 2. Hardwriting recognition device
Modem merupakan salah satu jenis alat input data untuk menghubungkan
kkomputer dengan computer lain melalui jaringan telepon. Jenis input hardware lainnya
yaitu light pen yang digunakan untuk menunjuk item-item pada layar monitor dan bar
code reader yang biasa digunakan di supermarket untuk mengidentifikasi suatu jenis barang.
Gambar 3. Modem
Keyboard
Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar
rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard computer pertama disesuaikan dari kartu pelunbang(punch card) dan teknologi p[engiriman tulisan jarak jauh(teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakn pembaca kartu pembuat lubang(punched card reader) sebagai alat input dan output, Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah kompyter, karena keyboard merupakan sebuahpapan yeng terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan symbol-simbol khisus lainnya pada computer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts, Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet A-Z, a-z, angka(numeric), 0-9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = / , . ? “ ‘ : ; \ |, tombol fungsi (F1-F12), serta tobol-tobol khusus lainnya yantg jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bemtuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah diketikan dan setiap satu huruf atau symbol kita ketikan maka hasilnya langsung kita liat pada kertas.tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikan hasil atau keluarannya dapat kita lihat dilayar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat
memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan ,kesalahan ketikan dan lainnya. Keyboard dihubungkan ke computer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukan kedalam port yang terdapat pada CPU computer.
Gambar 4. Keyboard
 Mouse
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan”Mouse” dapat
digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat dibelakang mouse, maka akan terlihatdua pengendali gerak didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk yang satu kearah horizontal (mendatar) dan satu lagi Vertikal (atas dan bawah ).
Jika kita hanya menggerakan pengendali horizontal maka penunjuk hanya akan
bergrak secara horizontal saj pada layar monitor computer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertical yang digerakan, maka penunjuk hanya bergrak secara vertical saja dilayar monitor.jika keduanya kita gerakan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Jika bola kecil dimasukan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakan. Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “click” ini tergantung pada object (daerah) yang kita tunjuk. Computer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau object yang tidak penting. Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal dengan istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernnya, salah satu akibatnya object tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke object lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan computer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukan pada port yang terdapat di CPU computer.
Gambar 5. Mouse
Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin
foto kopi. Mesin foto kopi hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilakn pada layar monitor computer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file tekx, dokuman dan gambar. Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya
seukuran dengan kertas folio, ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1000 halaman teks cetak dan kemudian mentranfernya ke sebuah computer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan “Quicklink”. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi computer yang mengenali teks ASCII. Perbedaan tiap scanner dari merbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian tekologi misalnya penggunaan tombol digital dan teknik pencahayaan.
Gambar 6. Scaner
Cara kerja scanner :
Ketika kita menekan tombol mouse untuk memulai scanning, yang terjadi adalah :
1. penekanan tobol mouse dari computer mwnggerakan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
2. kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur
yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
3. nyala lampu yang telihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning
sudah mulai dilakukan.
4. setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan
hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
5. apabila hasil atau tampilan teks atan gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakn software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, adobe, pot scanned dll.
6. Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
1. scanner yang hanya bisa satu kali menscan warna dan menyimpan semua warna tersebut pada saat itu saja.
2. scanner yang lansung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa
warna. Warna-warna tersbut adalah merah, hijau, dan biru. scanner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang ke dua, tetapi menjadi kurang bagusjika digunakan reproduksi warna. Kebanyakan scanner di jalankan pada 1 bit, 8 bit(256 warna) dan 24 bit (> 16 juta warna). Bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurkan mengunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.
Pemrosean dan Penyimpanan Sekunder.
Memory sekunder, dipergunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program
secara permanen sebagai berkas atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy disk, hard disk, zipdrive, CD-Rom, DVD, dan lain-lain. Sebagian besar memory sekunder saat ini berbentuk disk/cakram/piringan. Operasi terhadap data, informasi, dan program  dilakukan dengan perputaran disk. Satu putaran piringan disebut RPM ( Rotation Per
Minute ). Semakin cepat perputaran, maka waktu akses akan semakin singkat. Hal ini mengakibatkan semakin besar tekanan terhadap disk dan semakin besar panas yang dihasilkan. Jenis memory sekunder yang akan digunakan akan menentukan kecepatan akses dan metode akses data. Beberapa contoh ukuran kecepatan memory sekunder adalah sebagai berikut.
• Pre-IDE : Memiliki kecepatan 3600 RPM
• IDE : Memiliki kecepatan 5200 RPM
• IDE/SCSI : Memiliki kecepatan 5400 RPM
• IDE/SCSI : Memiliki kecepatan 10000 RPM
Memory sekunder memiliki alat untuk membaca dan menulis. Alat Untuk membaca dan menulis pada harddisk disebut head sedangkan pada floppy disk
disebut side. Setiap piringan dalam disk memiliki 2 sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Head/side dibagi menjadi sejumlah lingkaran konsentrik yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari sebuah head yang ada disebut cylinder. Pada suatu track dibagai menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector. Gambaran tentang cylinder, sector, track dsitunjukkan oleh gambar 2.8.
Berkas yang disimpan dalam memory sekunder dapat berinteraksi dengan peralatan input/output dengan perantara suatu unut pengolah ( processor ). Hubungan antara berkas dan unit input/output ditunjukkan terhadap oleh bagan dibawah ini:
Memory sekunder mempunyai karakteristik sebagai berikut.
1. Sifat penyimpanan yang tetap ( persistent ), sehingga media penyimpanan sekunder perlu dipisahkan dari unit pengolah utama ( central prosessing unit/CPU) dan memory utama ( main memory ), dan di hubungkan oleh kabel/bus ke unit pengolah ( prosessor ) dan memory utama ( main memory )
2. Kemampuan untuk digunakan secara bersama-sama ( shareability )
3. Kemampuan untuk menyimpan sejumlah data, informasi, dan program
Langkah pengolahan data daeri dalam memory sekunder adalah sebagai berikut.
1. Menentukan lokasi data pada memory eksternal (external memory/storage )
2. Prosessor akan membaca data, dan menyalin data dari memory eksternal
( external memory/storage ) ke memory utama (main memory)
Pada saat menupdate data, maka salinan data dalam main memory yang telah
diubah akan dituliskan, yaitu dipindahkan dari main memory ke memory sekunder
Berdasarkan medianya, memory sekunder terdiri atas :
1. Optical disk
• Memnggunakan prinsip optis, yaitu berdasarkan pantulan cahaya ( sinar
laser ) pada head baca.
• Pembacaan data tidak melibatkan kontak fisik antara head dan disk
• Proses penulisan datanya lebih lambat dari pada proses pembacaan data
• Lebih awet tahan terhadap jamur, dan lain-lain
• Pembacaan data secara acak ( Random )
• Mempunyai kemampuan baca-tulis ( read/write )
• Kapasitas besar
• Ukuran kecil
• Contoh : cd rom
Berkas dalam media penyimpanan sekunder Input device Output device Prossesor
2. Magnetik storage
• Dapat terbentuk disk/tape
• Media penyimpanan ini menggunakan bahan serbuk magnet
• Akses data menggunakan prinsip induksi magnetis
• Jenis ini terdiri atas magnetic tape dan magnetic disk
Peralatan Output.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat
bentuk,yaitu tulisan (huruf,angka,symbol khusus),image (dalam bentuk grafik atau
gambar),suara ,dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form0.Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh
manusia,sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari computer.
Peralatan output dapat berupa:
• Hard-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
• Soft-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver,yaitu alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam
bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape.Alat ini berfungsi ganda,sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Output bentuk pertamasifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat output dan dapat dibawa ke mana-mana).Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,plotter,dan alat microfilm.Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display,flat panel,dan speaker.Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk driver,dan yang mengguanakn media magnetic tape adalah tape driver.
Software.
Sistem Operasi.
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer
dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai system operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Sejarah Sistem Operasi.
Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:
• Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik
sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan
manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat
kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem
operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara
langsung.
• Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang
dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi
ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi
sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
• Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani
banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat
terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di
gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi-programming (melayani banyak
program sekali gus).
• Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana
pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu
sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan
Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang
sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana
komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak
komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Informasi.
Paket operasi ataupun program yang dibuat dengan High Level Langguage,
seperti misalnya BASIC, FORTRAN, COBOL, dana Bahasa C dan lain sebagainya,
tidaka akan dapat dijalankan kalau tidak ada Operating System yang mendukungnya. Sistem operasi ini akan mengatur semua proses dari sistem computer 1954. Sistem operasi pertama kali dikembangkan pada sekitar tahun 1954 di General Motor Research Laboratories untuk di gunakan pada komputer IBM 701. kemudian pada tahun 1955, programmer di General Motor Research Laboratories bekerja sama dengan North American Aviation menulis OS(operating System) untuk komputer IBM 704.
beberapa OS yang lainnya telah ditulis untuk komputer-komputer besar sejak dari tahun 1950 sampai dengan tahun 1960. OS tersebut terbatas pengguanaannya. Yaitu hanya dapat digunakan untuk aplikasi pengolahan data secara sequential(urut) atau batch saja dan biasanya dirancang untuk satu komputer saja. pada tahun 1960 Sistem Operasi Untuk Komputer Mini Pertama Kali
OS untuk komputer mini pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 bersamaan
dengan diproduksinya komputer-komputer mini. Sebelum tahun ini, OS hanya digunakan untuk komputer-komputer besar (mainframe). Pada bulan April 1964, IBM memperkenalkan OS yang disebut dengan OS/360 untuk dipergunakan pada semua seri komputer 360.
Pada tahun 1969, Unix, Ken Thompson dari Bell Laboratories menulis suatu OS yang disebut dengan UNIX. Yang diterapkan pada komputer PDP-. Pada tahun 1973, UNIX dikembangkan dengan cara ditlis ulang dengan menggunakan bahasa C, sehingga merupakan OS pertama yang ditulis dengan High Level Langguage. Sejak tahun tersebut, banyak orang memperkirakan bahwa UNIX akan menjadi OS yang paling populer dan akan banyak dipergunakan. UNIX merupakan OS untuk komputer 16-bit. UNIX pertama kali diterapkan dimainframe computer dan mini computer. Pada tahun 1970, komputer micro mulai dikembangkan dan bersamaan dengan itu, perusahaan Digital Research mengembangkan OS yang diterapkan di computer mikro, yang disebut dengan CP/M. CP/M merupakan singkatan dari Control Program/Microprocessor. CP/M merupakan OS yang paling populer untuk komputer mikro 8-bit yang mempergunakan microprocessor Zilog 80(Z80) atau microprocessor Intel 8080. CP/M pada tahun 1976 diperbaiki dan lebih ditingkatkan dengan nama CP/M-80 dan karena popularitasnya dan banyak di pergunakan, dianggap sebagai standar OS untuk computer 8-bit. Penulis dari CP/M adalah Gary Kidall. Sebelum tahun 1980, OS yang paling banyak dipergunakan dan dianggap sebagai standar dari OS adalah CP/M-80 buatan Digital Research. Tetapi sejak tahun 1980, Microsoft Corporation di Bellevue, Washington yang dipakai oleh William Bill Gates. Mengembangkan OS dengan nama MS-DOS (Microsoft-Disk Operating System) untuk computer 16-bit. MS-DOS dipergunakan di komputer micro yang menggunakan microprocessor Intel 8088 atau Intel 8086. Merasa bahwa CP/M-80 yang dipergunakan di komputer 8-bit mulai banyak ditinggalkan, Digital Research menegmbangkan OS yang baru dengan nama CP/M-86 untuk komputer 16-bit yang mempergunakan microprocessor Intel 8086 sebagai penyaing MS-DOS. OS lainnya yang dikembangkan oleh pabrik microsoft diantaranya adalah Xenix, yang sebenarnya adalah Unix versi Microsoft untuk microprocessor Intel 8086, Zilog 8000 dan Motorola 68000. OS lainnya adalah:
- Oasis-16 dibuat oleh Phase One System.
- Pick OS dibuat oleh Pick System Inc.
- p-System dikembangkan pertama kali di university of california at san Diego pada tahun 1974. TRS-DOS dibuat oleh Tandy Radio Shack.
Pada tahun 1985. Microsoft Windows Yang Pertama
Perusahaan Microsoft memasarkan sistem operasi Windows versi yang pertama
pada tahun 1985. Windows sebagai sebuah sitem operasi sebenarnya belum bekerja sepenuhnya sebagaiplatform, tetapi masih bekerja dibawah DOS. Ini berarti sebelum Windows dioperasikan, sistem operasi DOS sudah harus digunakan terlebih dahulu yang kemudian Windows dipanggil melalui DOS tersebut. Kelebihan Windows dari DOS adalah kemudahannya untuk digunakan(user friendly) Karena menggunakan sistem GUI. Multitasking( yaitu dapat mengerjakan program serentak dalam bentuk windows yang dapat dipindah dari satu window ke window yang lain). Walaupun demikian, windows versi 1.0 ini tidak populer dan kurang diminati karena berbagai alasan, yang pertama adalah Windows 1.0 beroperasi dengan lambat disebabkan pada waktu itu processor yang digunakan kurang mendukung. Yang kedua adalah masih sedikitnya perangkat lunak yang ditulis untuk sistem operasi ini.
Pada tahun 1987. IBM Operating System/2
IBM OS/2 dibuat oleh IBM untuk mengatasi kekurangan dari IBM PC-DOS atau
MS-DOS. Dengan microprocessor 80286 dan 80386. OS/2 dapat mengalamati memori diatas batas 640 KB yang tidak dapat dilakukan oleh IBM PC-DOS. OS/2 mempunyai beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut:
- Dapat Mendukung beberapa aplikasi yang menggunakan memori sampai 16 MB
- Membuat manajemen basis data lebih mudah dengan menyediakan semua saranasarana untuk membuat basis data.
- Dapat digunakan untuk network dengan dihubungkan pada beberapa host
Computer
- Dapat digunakan untuk multitasking, sehingga dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.
Pada tahun 1988. Windows/386
Windows/386 dipekenalkan pada tahun 1988. Windows versi ini diharapkan dapat membuat pengguna komputer berpindah dari DOS ke Windows, karena sudah didukung oleh processor Intel 80386 yang sudah cukup cepat di komputer IBM PC/386.
Pada tahun 1990. Windows 3.0
Mulai tahun 1990, popularitas Windows melalui Windows 3.0 meningkat dengan
cepat. Keberhasilan Windows 3.0 tidak terlepas dari dukungan processor Intel80846 yang sudah cukup cepat di computer IBM PC/486. setahun kemudian pada tahun 1991, Windows versi 3.1 diluncurkan untuk memperbaiki versi sebelumnya. 1993. Mosaic, Browser Internet Pertama Di Sistem Windows
Pada tahun 1990-an system Windows yang digunakan adalah versi 3.x. Windows
3.x ini tidak memiliki protocol, untuk hubunagn ke internet. Sehinnga di perlukan
perangkat lunak khusus untuk menjelajah ke internet. Salah satunya adalah yang disebut dengan browser. Mosaic merupakan browser yang diperkenalkan pada tahun 1993. mosaic merupakan browser internet yang pertama disistem Windows.
Pada tahun 1995. Windows 95
Microsoft mengeluarkan Windows 95 yang mempunyai beberapa kelebihan dari
Windows versi 3.x. Windows 95 sudah tidak beroperasi dibawah platform DOS,sehingga operasinya lebih cepat dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya.
Pada tahun 1998. Windows 98
Windows 98 merupakan perbaikan dari Windows 95. windows 98 diperkenalkan
pada bulan September 1997.
Pada tahun 2000. Linux
Linux adalah sebuah sistem operasi yang sangat mirip dengan sistem-sistem
UNIX, karena memang tujuan utama rancangan dari proyek Linux adalah UNIX
compatible. Sejarah Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Universitas
Helsinki, Finlandia bernama Linus Benedict Torvalds menulis Linux, sebuah kernel
untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC. Pada awal perkembangannya, source code Linux disediakan secara bebas melalui internet. Hasilnya, pengembangan Linux merupakan kolaborasi para pengguna dari seluruh dunia, semuanya dilakukan secara eksklusif melalui internet. Bermula dari kernel awal yang hanya mengimplementasikan subset kecil dari sistem UNIX, kini sistem Linux telah tumbuh sehingga mampu memasukkan banyak fungsi UNIX. Kernel Linux terdistribusi di bawah Lisensi Publik Umum GNU (GPL), dimana peraturannya disusun oleh Free Software Foundation. Linux bukanlah perangkat lunak domain publik: Public Domain berarti bahwa pengarang telah memberikan copyright terhadap perangkat lunak mereka, tetapi copyright terhadap kode Linux masih dipegang oleh pengarang-pengarang kode tersebut. Linux adalah perangkat lunak bebas, namun: bebas dalam arti bahwa siapa saja dapat mengkopi, modifikasi, memakainya dengan cara apa pun, dan memberikan kopi mereka kepada siapa pun tanpa larangan atau halangan.
Implikasi utama peraturan lisensi Linux adalah bahwa siapa saja yang
menggunakan Linux, atau membuat modifikasi dari Linux, tidak boleh membuatnya menjadi hak milik sendiri. Jika sebuah perangkat lunak dirilis berdasarkan lisensi GPL, produk tersebut tidak boleh didistribusi hanya sebagai produk biner (binary-only). Perangkat lunak yang dirilis atau akan dirilis tersebut harus disediakan sumber kodenya bersamaan dengan distribusi binernya.
Aplikasi.
Sejak beredarnya computer personal,telah ribuan macam perangkat lunak untuk
bermacam-macam keperluan aplikasi tersedia di pasaran guna memenuhi kebutuhan para pemakai computer.
1976. Electric Pencil.
Pada tahun ini, Michael Shrayer memperkenalkan suatu program pengolah kata
(word processor) yang diberi nama Electric pencil. Electric pencil pada mulanya hanya untuk computer mikro altair saja, tetapi kemudian dikembangkan untuk computer computer mikro yang lainnya dan sejumlah alat cetak(printer), semuanya sampai dengan 78 versi. Electric pencil tidak dapat menembus pasaran karena kurang popular. Electric pencil merupakan paket pengolah kata yang pertama dan sampai 2 tahun kemuduan merupkan paket pengolah kata satu-satunya yang beredar dipasaran.
1979. Word Star
John Barnaby menulis program pengolah kata atas permintaan Seymour
Rubinstein. Sebelum menulis program, Seymour Rubinstein telah mengunjungi beberapa penjual perangkat lunak untuk menegtahui keinginan masyarakat tentang software pengolah kata. Program paket tersebut kemudian disebut Word Star dan sukses menembus pasaran dengan perusahaannya yang bernama micropo. Beberapa versi Word Star telah beredar dipasaran, diantaranya Word Star release 3.4, Word Star professional release 4.0 dan lain sebagainya.
1979. Apple Writer
Apple Writer juga merupkan program paket pengolah kata yang habis terjual.
Apple Writer ditulis oleh Paul Lutus yang nyentrik. Paul Lutus merupkan programmer yang independen.
1979. VisiCalc
Pada tanggal 11 mei 1979 pada west coast computer fair, paket program
spreadsheet pertama yang dirancang untuk pemakai komputer personal telah
diperkenalkan dengan nama VisiCalc(Visible calculator atau visual calculator). VisiCalc merupakan ide dari Daniel Bricklin dan dibuat oleh Robert Frankston. Daniel Bricklin adalah seseorang lulusan dari MIT yang sudah bekerja sebagai software engineer di peruasahaan komputer Digital Equipment Corporation (DEC) yang kemudian mengikuti kuliah kembali di Harvard Businees School.
1981. dBASE-II
Wayne Ratliff, ahli tehnik NASA menulis suatu program untuk aplikasi bisnis
pada waktu-waktu senggangnya dan memasarkannya dengan nama vulcan,tetapi tidak sukses di pasaran.
Sementara George Tate, ahli didalam mereparasi komputer yang kemudian
menjadi ahli pemasaran software bersama-sama dengan Hal Lachlee mengadakan
kontrak dengan Wayne Ratliff untuk memasarkan Vulcan. Nama Vulcan kemudian
dirubah menjadi dBASE-II. Supaya seakan-akan merupakan software yang terbaru,dari peningkatan dBASE sebelumnya, padahal dBASE-I tidak pernah ada. dBASE-II dipasarkan pada tahun 1981 dengan nama perusahaannya Ashton-Tate yang sebenarnya merupakan paket DBMS(Database Management Systems) yang mempunyai bahasa tingkat tinggi.
1982. LOTUS 1-2-3
Lotus 1-2-3 merupakan suatu program paket yang berisi gabungan programprogram spreadsheet. Grafik dan kemampuan untuk mendapatkan informasi, yaitu tiga bentuk program dalam satu program. Lotus 1-2-3 ditulis oleh mitchell kapor, lulusan dari yale University tahun 1971 lotus 1-2-3 khusus ditulis untuk komputer mikro 16 bit IBMPC
Berikut ini adalah beberapa macam paket software untuk komputer IBM PC atau yang kompatibel dengan IBM PC.
1. Aplikasi Untuk Pengolah Kata:Microsof Word, Final Word,Easy writer II,NBI word processing,WordVision,Word Star, Textplus, dan lain-lain.
Gambar 12. Microsof Word
2. Aplikasi Untuk Database Dan File Management:
Advanced Db master,Advanced System PAC,Aladin,Data Ace,dBASE-III,Easy
Filler,Visifile,dan lain-lain.
Gambar 13. dBASE-III
3. Aplikasi Untuk Permodelan:
Calc-86,Construction Models, Microsoft Window, Symphony,Vizualize, VIZA-
CON, The Thinker, dan lain-lain.
4. Aplikasi Untuk Investasi Manajemen: Finacial Fastrax, Financial Software series,Market Maverick,Optioncalc,stockcal, dan lain-lain.
5. Aplikasi Untuk Akuntansi:
Account payable,Colorbiz Inventory,Gneral Ledger System,Inventory control,
Versainventory, dan lain-lain.
6. Aplikasi Penjadwalan Proyek: Microgantt,Shoebox,Time Scheduler, Visischedule, dan lain-lain.
7. Aplikasi Untuk Komunikasi Dan Telekomunikasi: Ascom, Ethernet,The Micro Link II, Microterm,Move-it, dan lain-lain.
8. Aplikasi Untuk Garfik: Auto Cad, Business Graphics, Corel Draw, Pc-Draw,Graph Magic, Pyxel Visual, Adobe Photoshop, Fast Graph, dan lain-lain.
9. Aplikasi Untuk Manipulasi Printer: Letrrix, Fancy Font, Nice Print, Select A Font, Printer Boss,Side Ways, dan lain-lain.
10. Aplikasi Untuk Manfaat : Autodex, Sevenware, Side Kick, The Spooler, Super key,System Backup, UT-86,The Norton Utilities, dan lain-lain.
11. Aplikasi Untuk Sorting: Autosort, fatsort,HBsort, the Sort, The Sorter, dan lain-lain.
12. Aplikasi Untuk Pendidikan: FaceMaker, Math Drills,Pc Pal, Pc pilot,Video Etch,Word Whiz, dan lain-lain.
13. Aplikasi Untuk Permainan: Apple Panic, jumpman,Miliionaire,space minner,zork, flight simulator,trainsimulator, dan lain-lain.
14. Aplikasi Untuk Statistic: BMD,Microstat,SPSS, Statpro, TSP, SAS, dan lain-lain.
Peranan Peralatan Input dan Output serta Software daalam Pemecahan Masalah.
Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik
secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter(berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidaklangsung). Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).
Kesimpulan.
Dari artikel yang terkait di atas,saya menyimpulkan bahwa pentingnya struktur-struktur untuk menciptakan pemrosesan pada suatu computer,dimana di dalam computer tersebut tersusun dari kumpulan-kumpulan yang disebutkan pada artikel diatas,sehingga kita bisa tahu apa saja bagian yang terpenting dan aplikasi apa saja yang mendukung untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam pengoperasian komputer. Semoga juga dari artikel diatas kita memperoleh wawasan yang lebih dalam menciptakan proses dalam suatu komputer.
Daftar Pustaka.
Sutanta,Edhy,2005, Pengantar Teknologi Informasi, Graha Ilmu,Yogyakarta
E.S Margianti, D. Suryadi H.S, 1994, Sistem Informasi Manajemen, Gunadarma, Jakarta,Hartono,Jogiyanto, 1999, Pengenalan Komputer, Andi Jogyakarta, Yogyakarta
http://mohamadkemaludin.wordpress.com