Rabu, 03 Oktober 2012

SIA


BAB I
Sistem Informasi Akuntansi
1.2 Pengertian Informasi
Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.data belum memmiliki nilai sedangkan informasi sudah memiliki nilai. Informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih besar dibandingkan biaya untuk mendapatkannya.
Kuliatas Informasi
Infiormasi yang berkualitas memiliki 3 kriteria, yaitu :
1.    Akurat (accurate)
Informasi harus bebas dari kesalahan, tidak bias ataupun menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa  informasi itu harus dapat dengan jelas mencerminkan maksudnya.
2.    Tepat pada waktunya (timeliness)
Informasi  yang  datang  pada penerima tidak boleh terlambat. Di dalam pengambilan keputusan, informasi yang sudah usang tidak lagi bernilai. Bila informasi datang terlambat sehingga pengambilan keputusan terlambat dilakukan, hal ini dapat berakibat fatal bagi perusahaan.
3.    Relevan (relevance)
Informasi yang disampaikan harus mempunyai keterkaitan dengan masalah yang akan dibahas dengan informasi tersebut. Informasi harus bermanfaat bagi pemakainya. Di samping karakteristik, nilai informasi juga ikut menentukan kualitasnya. Nilai informasi (value of information)ditentukan dua hal, yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkannya. suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih besar dibanding biaya untuk mendapatkannya.

Sumber : M.kom.kusrini, koniyo anderi. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL server. C.V ANDI OFFSET




Tidak ada komentar:

Posting Komentar